Saturday, January 31, 2009

Gerhana Matahari Cincin

Awan menyelimuti matahari, kkk.... 26 Januari 2009, Villa Ajeng Karang Bolong

26 Januari 2009
Tahun Baru Cina- Tahun Kebo 2560, dimeriahkan dengan peristiwa langit berupa Gerhana Matahari Cincin. GMC kali ini sedikit istimewa, soalnya cuma beberapa wilayah yang berupa daratan (sehingga bisa di amati) dan itupun cuma di Indonesia, tepatnya Kalimantan, Banten, Tanjung karang-Lampung. Pemburu Gerhana di Negara lain boleh ngiri tuuh.. ma Indonesia, bahkan mas Joko, dari Universitas Malaya- Malaysia datang ke Indonesia hanya sekedar untuk ngamat GMC ini.

Aku kebetulan punya kesempatan untuk ngeliat GMC kemaren ma Gaby, Pras, dan anak-anak dari sekolah Al-Izhar, Pondok Labu untuk ngamat GMC di arang Bolong, Anyer, Banten. Sebenernya sey.. dari Pondok Labu, Jakarta juga keliatan gerhananya, tetapi bukan GMC, makanya kita bermaksud ngejar best viewna, yaitu yang terdekat di sekitar Cilegon-Karang Bolong (ini yang paling deket ma Jakarta lho...).

Kita kontak-kotakkan ma temen-temen HAAJ, yang kebeneran juga ngamat GMC di MTSn 1 Anyer. Hmm... sempet khawatir juga, soalnya detik-detik terakhir menjelang kontak pertama 4.28 pm, langit maseh sangat mendung. -- tapi Pak Komandan bilang kalo mendung tetep nungguing sampe bener-bener hujan-- trus kita kontak ke HAAJ, xixixixi... kru HAAJ ngadain ritual yang rada nyleneh, yaitu ngalungin teleskop ma beng-beng, dan ajibnya..... beberapa saat kemudian langit kebuka dan cerah sampe matahari bener-bener tenggelem. Yakin gak yakin, tapi bener dey.. beng-beng bisa buat langit cerah, wkwkwkwkwk....

Ini aku tampilin foto-foto hasil jepretannya Luthfi pake kamera digiSLR D50, langsung gak pake teleskop, kamera di standbaykan pake tripot, dan lensanya dikasih filter. bikinan sendiri lho... berupa film hitam putih didouble.


4.38 pm. pas puncak GMC yang terlihat di Karang Bolong


3.52pm. beberapa puluh menit setelah kontak pertama lho...


3.41. ini diambil pake kamera dengan filter


3.29pm. sedetik setelah kontak pertama


Matahari menjelang kontak dengan bayangan bulan pada peristiwa Gerhana Matahari Cincin

--
Ada cerita lucu nie.. dari Pras:
Pras khan pulang bareng aku, cuma numpang sampe Ragunan, nah pas sampe Ragunan lalu dia naik taksi untuk nglanjutin pulang ke Depok. Pras khan nenteng-nenteng teleskop, praktis bawa tripot khan... trus ditanya ma sopir taksi,

"mas abis syuting pelem ya?"
"eh engga juga sih pa, abis liat gerhana"
"lohh emang masih tayang???"
diam sejenak..... mikir maksud pa sopir.
"abis syuting sinetron gerhana kan?"
ohhhhh itu toh maksudnya... , ngakak sambil diliatin keheranan sama
sopir taksinya.

{tanpa editing, langsung diambil dari millis indoskygazer (ngambil dari emailnya Gaby), kkk...}

hhh... ternyata fenomena ini tidak populer ya...

-salam ika



1 comment:

Anonymous said...

Permisi bro, punya contact villa ajeng anyer gak?? Kalo ada kirim ke email saya bro irfan.setyo@ymail.com
Thx

Categories

Labels

zube's verden

zube's FunClub