Wednesday, January 14, 2009

logika1.ppt

SKL untuk materi logika SMA adalah : "menentukan negasi pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan yang sah". Jelas dan simple-- tapi pengantarnya yang rasanya gak mungkin kalo hanya sekedar memberikan materi ala kadarnya. Bukan sok idealist seey... tapi mudah-mudahan bermakna. ini sekedar contoh presentasi yang aku buat. download ppt-logika

4 comments:

Endah said...

Excellent presentation!

Tambahan aja, untuk implikasi bisa menggunakan contoh:

jika atap bocor maka hari ini hujan. Pernyataan ini kan "sah" atau "logis terjadi" maka nilainya benar

Jika atap bocor maka hari ini tidak hujan. Pernyataan ini bernilai salah, kan tidak logis atap bocor padahal tidak sedang hujan.

Jika atap tidak bocor maka hari ini hujan. Pernyataan ini bisa dibenarkan, kan mungkin saja terjadi atap tidak bocor meskipun sedang hujan.

Jika atap tidak bocor maka hari ini tidak hujan. Pernyataan ini juga bernilai benar.

Melalui pendekatan contoh penggunaan implikasi dalam kenyataan seperti ini, aku setuju deh kalo siswa dapat lbh mudah paham dan ingat aturan logika. Gitu kan Bu Ika... :)

zube said...

betul... tapi belum relevan ma kondisi anak2. yang lebih relevan begini.
JIka aku pulang malam, maka aku bakalan telepon Mamah. Pernyataan ini lebih "logis" untuk anak-anak di
sini... sudah terbukti ^_^.

sehingga pernyataan " Jika aku pulang malam, maka aku tidak telepon mamah" khan jadi bernilai salah.

analogiku -- salah pa bener ya...

hhhmmm... kok jadi ragu2.
gimana?

Endah said...

hahaha... karena kenyataannya kamu sering pulang malam dan dak telpon ibukmu kan... :P

zube said...

hehehehe....

gak juga,
kasus terbanyak anak2 kota besar ^_^

Categories

Labels

zube's verden

zube's FunClub