Wednesday, February 27, 2013

Referensi Buku: The Curious Incident of the Dog in the Night-Time


The Curious Incident of the Dog in the Night-TimeThe Curious Incident of the Dog in the Night-Time by Mark Haddon
My rating: 4 of 5 stars

Judul Buku : The Curious Incident of the Dog in the Night-Time
Pengarang : Mark Hadon
ISBN : 1400032717 (ISBN13: 9781400032716)
edition language : English
characters : Christopher Boone, Mr Jeavons, Mrs Alexander, Mr Boone
setting : Swindon (United Kingdom)


literary awards
Man Booker Prize Nominee for Longlist (2003), Whitbread Award for Novel and Book of the Year (2003), Commonwealth Writers' Prize for Best First Book Overall (2004), McKitterick Prize (2004), Los Angeles Times Book Prize (2003)
Exclusive Books Boeke Prize (2004), بهترین کتاب داستانی سال وایت برد، جایزه گاردین و ساوت بانک شو, ALA Alex Award (2004), Zilveren Zoen (2004),ALA's Top Ten Best Books for Young Adults (2004), Abraham Lincoln Award Nominee (2006)

Novel ini direkomendasikan oleh Bu Andari karena ringan dibaca dan cocok buat para pemula yang berkeinginan meningkatkan ketrampilan dalam berbahasa Inggris. Dan memang, novel karangan Mark Hadon cukup mudah untuk dimengerti karena Ia menggunakan pilihan kata yang sangat sederhana. Selain itu, dibumbui oleh banyak ilustrasi dan problem matematik menjadikan buku ini sangat layak untuk dibaca. Satu hal yang kurang menarik, adalah cover untuk edisi yang saya foto copy, berwarna oranye dengan gambar anjing terbalik, entah apa maksudnya (mungkin ini adalah gambaran anjing yang meninggal), membuat sedikit mengguman ”ah.. pasti membosankan sekali novel ini”.

Akan tetapi WOOOUUUU, Mark Haddon telah menyajikan novel ini dengan sesuatu yang lain, pembaca tidak akan disuguhkan dengan bab-bab yang terurut (bab 1, bab 2, dst). Bab satu dari buku ini dimulai dengan 2, 3, 5, 7, dst, karena di dalam novel ini mengkisahkan tentang seorang remaja berusia 15 tahun menderita autisme yang menyukai bilangan prima.

Anak remaja itu bernama Christopher Boone. Ia adalah seorang remaja genius penggemar Sherlock Holmes yang mempunyai photographic memory, sangat berbakat dibidang matematik dan fisika. Boone dapat mengingat semua negara didunia beserta ibukota mereka dan dapat menyebutkan setiap bilangan prima sampai 7,057 (bab.3 hal.2). Dibalik semua itu Boone adalah remaja yang menderita autisme ringan (sulit membedakan dunia nyata dan pikirannya sendiri) sehingga dia tidak dapat bersosialisasi dengan baik. Berbohong, menceritakan jokes, mengerti emosi orang lingkungan sekitarnya adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dimengerti baginya, tapi semua itu tidak menjadi masalah yang berarti didalam hidup sederhana remaja berusia 15 tahun ini. Hingga pada suatu malam anjing Poddle tetangganya yang bernama Wellington diketemukan terbunuh dengan sebuah garpu kebun yang menancap di badannya. Ia dituduh oleh Nyoaya Shear tetangganya sebagai pembunuh Wellington. Oleh karena itu, Ia mulai menyelidiki apa sebenarnya yang terjadi pada Wellington, walaupun ayahnya telah melarang untuk melakukannya. Crirsthoper yang menyukai keberaturan dan dengan kepandainnya tetap melakukan penyelidikan bahkan membawanya ke berbagai hal yang menarik dan berbeda dengan hal-hal yang biasa ia lakukan.

Sudut pandang seorang remaja autisme yang polos, jujur dan kadang menggelitik membawa para pembaca novel ini kesebuah dunia dimana kebohongan, metafora basa basi dan kepekaan terhadap lingkungan adalah kehampaan (bab. 101. hal 61, The Monty Hall Problem).

Haddon menggambarkan Boone, seorang anak autis yang lugu, pintar dan lucu namun sepertinya segi-segi sastra tidak dilupakan oleh Haddon. Sehingga novel ini cukup sukses selain sebagai bestseller di Inggris buku ini juga mendapatkan penghargaan Whitbread novel award dari kalangan literatur Inggris. Akhir kata “Berhasilkan Cristhoper Boone memecahkan kasus ”insiden anjing di tengah malam yang bikin penasaran?”. Bacalah buku ini!, dijamin gak rugi, sekaligus menambah pengetahuan tentang math in life (mirip-mirip film serial NUMBER).


View all my reviews

No comments:

Categories

Labels

zube's verden

zube's FunClub