Sunday, July 20, 2014

Total Crime (layak baca buat yang suka naik bajaj)

"TOTAL CRIME" >>> judulnya kesannya ngeri banget yak... ^_^ tapi emang bener-bener ngeri buat aku yang dalam bayanganku tuh aku itu  gesit, lincah, cerdas yeah... kurang lebih miriplah sama Lara Croft hehehe... tahu dooonk siapa mbak Lara ini?!.. sexy, cantik, cerdas, tangguh... yeah .. ternyata sosok aku yang seperti itu hanya khayalan. Makanya ini bener-bener TOTAL CRIME banget buat aku... 

ceritanya begini,
suatu hari, tepatnya tadi siang (eh kemaren siang) Sabtu, 19 Juli 2014 jam 11.30 an lah.. aku ma temen kuliahku (Hanifah) mo beli tiket kereta ke Gambir (tiket kereta buat layanan rombongan). Kita berdua janjian di stasiun Cikini trus nglanjut pakai bajaj ke gambir. Nah... singkat cerita, kita udah ketemu di cikini (lama banget nungguin Han nyampe Cikini; untuk aku ditemenin ma Multatuli jadi rada enggak bosen}. trus cari bajaj, sengaja kita cari bajaj yang bagusan dikit, yang warna biru (BBG). Enggak lama kita nunggu di sisi sebelah kiri stasiun (dari arah Metropole) dapatlah bajaj yang kita mau... 

proses tawar menawar engga begitu lama, abangnya matok harga Rp25.000 Cikini-Gambir, kita tawar Rp20.000. eh, si abang mau.... 

Ngobrolah kita dengan topik "card merajalela di segala lini", kenapa?... sekarang beberapa sutle busway kalo mo beli tiket kudu pakai kartu Bizz atau e-money, bahkan parkir motor di stasiun yng resmi pun hajib kudu punya kedua kartu itu... welehweleh.. kalo untuk parkir okelah... tapi kalo untuk kaum duafa pengen naek bus transJakarta dan kebetulan ongkosnya cekak dan enggak punya kartu bizz atau e-money gimana?..

Oh, jawabannya gampang... cari aja sutle yang lain yang masih bisa bayar cash atau naek angkotan umum lainnya. Bweh...!!!

sambil cerita-cerita, Han kasih liat kartu yang dimaksud dan sekalian ngluarin uang buat bayar bajaj.. (perjalanan bentar lagi nyampe). Sopir bajaj nya ngingetin kita, 
+"mbak... tasnya disimpen yang aman, dipegang yang kenceng, biasanya banyak penjambret"... 
-lalu aku bilang "makasih pak".. tapi memang sering ada kejadian ya pak?... 
+iya mbak sering, terutama menjelang lebaran.

ENGGAK nyampe dua menit Han masukin dompet ke dalam tas kemudian mendekapnya... tiba-tiba.. Ya, tiba-tiba... ada suara motor menderu di samping kiri langsung ngambil paksa tasnya Han... semepet Han mempertahankan tasnya, namun posisi yang Han pegang enggak cukup menguntungkan, karena yang Han pegang bagian talinya, alhasil putuslah si tas itu. kejadia itu enggak nyampe semenit... suer enggak nyampe semenit. dan apa yang aku lakukan......???!!! bengong kayak orang bego (selama semenit itu yak)... enggak melakukan reaksi apa2... AKU yang mengClaim seperti Lara Croft ... cuma bisa diam ketika temenku yang pas banget disamping kiriku DIJAMBRET oleh orang yang sedang butuh duit. >>> sakit hati banget akuu.... enggak reaktif,, gesit dan kecerdasan itu tidak muncul dalam hitungan kecepatan cahaya... haih. Sehingga... LEYAPLAH sudah... sosok aku yang super hero itu.... 

Kejadian itu pas banget diantara tugu Tani - Gambir, sekitar jalan merdeka... padahal yaaah.. jalanan itu ramai tapi enggak padat. Hieh... ciri-ciri penjambret susah untuk diidentifikasikan, yang jelas si penjambret itu naek motor berdua, yang narik tas yang ngebonceng perawakan kurus. motor yang dipakai tipe motor cowok (kalo enggak salah ninja list ijo). ada yang sedikit aneh menurut kita, pada saat sebelum kejadian, kenapa yak... abang Bajaj nya rada-rada minggir ke kanan, padahal khan posisi Gambir khan sebelah kiri, lagipula sebuah Bajaj kalo mo belok kiri khan enggak perlu ancang-ancang kanan to?! ini aneh pertama. Aneh kedua, pada saat si abang bajaj memperngatkan kita akan penjambret, kenapa ngingetinnya setengah-setengah, kenapa enggak langsung "mbak sbaiknya tasnya taruh di sebelah kanan atau gimana gitu"... haih.... 

Nah.... menurut pengalaman itu, sedikit tips nie buat naik Bajaj.... PENTING nie...:
1. kalo naek sendirian mending duduk sebelah kanan atau tengah
2. kalo bawa tas, jangan sekali-kali tas itu taruh di sebelah kiri atau dipangku. sebaiknya taruh di sebelah kanan atau taruh di bawah bersama kaki kite.

aman tuuuh... penjambret juga susah keles kalo tas kita taruh di bawah atau di kanan....







sumber peta: Dit Lantas Polda Metro Jaya
Oke, sampai di sini dulu yaaah... critanya..
besok disambung lagi kelanjutannya... (at The Police Station)

No comments:

Categories

Labels

zube's verden

zube's FunClub